Peta Lokasi DEDE's

Masjid Kaum Kalapanunggal

Jumat, 26 Agustus 2016

 Sobat kang Dede, kali ini kang Dede membuat postingan tentang salah satu Masjid Jamie yang ada di Lingkungan Kecamatan Kalapanunggal.Adalah Masjid Nuurul Bayan termasuk kepada kategori masjid besar, dengan Nomor Id Masjid yang terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia adalah 01.3.13.02.18.000001. Dengan status tanah wakaf, luas tanah 300 m2 dan luas bangunan 200 m2 bisa menampung jamaah hingga kurang lebih 300 orang. Terletak di Kp. Manglad Rt 12/05, Desa Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi.

Warga setempat mengenal Masjid ini dengan sebutan masjid kaum.Kata kaum diambil dari bahasa Sunda, yang berarti tempat tinggal penghulu agama beserta bawahannya. Namun adapula meanfsirkan kaum sebagai wilayah keagamaan yang berada dipusat pemerintahan. Memang cukup masuk akal, karena letak masjid ini berdekatan dengan kantor-kantor pemerintahan. Tepat disamping Masjid berdiri Kantor Urusan Agama Kecamatan Kalapanunggal. Beberapa ratus meter dari masjid terletak Markas Polsek Kalapanunggal, Markas Koramil 2205 Kalapanunggal dan juga Kantor Kecamatan Kalapanunggal.


Para kepala pemerintahan ini pada minggu-minggu tertentu mendapatkan tugas menjadi Khatib shalat Jum'at di Masjid, baik itu Kapolsek, Danramil maupun Camat.Begitupula jamaah masjid ini selain warga masyarakat, sebagian adalah para pejabat di lingkungan pemerintahan.Juga sebagian lagi adalah sobat yang kebetulan mengunjungi Kalapanunggal dan telah memasuki waktu shalat ketika lewat di masjid ini dan menyegerakan untuk menunaikan shalat, baik shalat Jum'at ataupun waktu shalat lainnya.

.
Nah sobat kang Dede, bila berkunjung ke Kalapanunggal jangan lupa ya mampir juga di Masjid Kaum Kalapanunggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Stats

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Sidebar One