Peta Lokasi DEDE's

Sistimatika Penyusunan Proposal Pengajuan Uji Kompetensi dan Contohnya

Sabtu, 23 Juli 2016



1.      Jilid
a.       Judul
b.      Logo Sekolah
c.       Nama Siswa
d.      Nomor Induk Siswa
e.       Kelas
f.       Nomor Ujian Nasional Siswa
g.      Nama Sekolah, Status Akreditas Sekolah, Alamat Sekolah
2.      Lembar Pengesahan
a.       Judul Proposal
b.      Nama Siswa
c.       Nomor Induk Siswa
d.      Kelas dan Komptensi Keahlian
e.       Nama Sekolah Asal
f.       Kolom tanda tangan penguji, Kepala Program Keahlian dan Kepala Sekolah
3.      Lembar Usulan Usaha
a.       Judul Proposal
b.      Nama Siswa
c.       Nomor Induk Siswa
d.      Kelas dan Komptensi Keahlian
e.       Nama Sekolah Asal
f.       Kolom tanda tangan Pembimbing dan Ketua Panitia Uji Kompetensi
4.      Motto
Moto merupakan visi misi siswa yang dituangkan sebagi suatu motivasi agar ujian kompetensinya sesuai harapan.
5.      Abtraksi
Ringkasan gambaran dari objek dalam proposal tersebut
6.      Kata Pengantar
Berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan proposal tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun
7.      Daftar Isi
Berisi lembar halaman yg menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman
8.      Bab I Pendahuluan
a.       Latar belakang
b.      Manfaat pembuatan proposal
c.       Tujuan pembuatan proposal
d.      Metode penyusunan proposal
9.      Bab II Perencanaan Proposal
a.       Aspek produksi
b.      Aspek pemasran ( marketing mix )
c.       Aspek organisasi
d.      Analisis sloc

10    Bab III Perencanaan Keungan
a.       Modal usaha
l. Biaya tetap
2. Biaya variabel
3. Biaya tak terduga
b.      Pengelolaan keuangan
1. Penentuan harga pokok produksi
2. Laba yang di inginkan
3. Harga jual
c.       Analisis kelayakan usatra
l. Analisis pendapatan
2. Analisis perencanaan laba rugi
3. Analisis perhitungan kelayakan usaha

10.  Bab IV Penutup
a.       Kesimpulan
b.      Kritik dan Saran

11.  Daftar Pustaka
Berisi tulisan yang tersusun di akhir sebuah Proposal yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan

  
CONTOH PROPOSAL

PROPOSAL USAHA
“TAHU GARANG PEDAS”
Disampaikan dalam rangka memenuhi persyaratan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian pemasaran SMK Islam Parakansalak Kabupaten Sukabumi
Tahun 2015/2016


Disusun Oleh    : SINTA SARI
NIS                    :
Kelas                 : XII PEMASARAN
No. Peserta UN :

YAYASAN AL-QORUBA
SMK ISLAM PARAKANSALAK
(Islamic Vocational School of Parakansalak)
TERAKREDITASI “B”
BIDANG KEAHLIAN BISNIS MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
NSS : 402020623063 NIS : 400630 NPSN : 20258121
Jalan Perintis Kemerdekaan Lebak Picung Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi 43355
Website :
www.smkislamparakansalak.sch.id Emai : smkislamprsalak@yahoo.co.id info@smkislamparakansalak.sch.id
2016




LEMBAR PENGUJIAN/PENGESAHAN

JUDUL PROPOSAL                                   : USAHA “TAHU GARANG PEDAS”
NAMA SISWA                                             : SINTA SARI
NIS                                                                 :
KELAS/KOMPETENSI KEAHLIAN       : XII PEMASARAN
SEKOLAH                                                    : SMK ISLAM PARAKANSALAK

TELAH MENGIKUTI UJI PROPOSAL USAHA KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI LABORATURIUM PEMASARAN S SMK ISLAM PARAKANSALAK DAN DISETUJUI/DISAHKAN PADA TANGGAL …………..

Mengetahui                                                                 Mengetahui
Penguji I                                                                        Penguji II



   ( ………………… )                                                    ( ………………….. )

                     Mengetahui                                                   Mengetahui
   Kepala SMK Islam Parakansalak                   Kepala program keahlian Pemasaran



    CHANDRA NUGRAHA, ST.                          ABDURRAHMAN, SE.



LEMBAR USULAN USAHA

(PERSETUJUAN PEMBIMBING)
JUDUL PROPOSAL                                  : USAHA “TAHU GARANG PEDAS”
NAMA SISWA                                            : SINTA SARI
NIS                                                                :
KELAS/KOMPETENSI KEAHLIAN       : XII PEMASARAN
SEKOLAH                                                    : SMK ISLAM PARAKANSALAK

BERHAK MENGIKUTI UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DAN TELAH DISETUJUI OLEH PEMBIMBING PADA TANGGAL …………………… DI SMK ISLAM PARAKANSALAK KABUPATEN SUKABUMI

        Mengetahui                                                      Mengetahui
Panitia UN/Ujikom 2016                                         Pembimbing



 JAJANG SAEPURROHMAN, S.Pd.I.               AHMAD JAELANI, S.Pd.








MOTTO :


KESUKSESAN DAPAT DICAPAI MELALUI KERINGAT DAN AIR MATA










ABSTRAKSI

Proposal for  “tahu garang pedas”, Sinta Sari, SMK Islam Parakansalak. This proposal titled tahu garang pedas is corweyed in order to take the exam Islamic vocational competence Parakansalak markcting expertise. Where this business proposal, can be projected to reach a small market, especially for children to aduls, if you want to set up venture capital is sufficient to 1.000.000 composed of materials and promotional tools. The advantages can be bosed on the intentional constituent reached Rp. 579.000 net profit (after in reducing operalional costs etc.) as for the promotion strategy that is done through face to face consignment, and online.
               Factor strength in products of  “tahu garang pedas”  in the interest of the community because the metropolis unique taste and properties that are good for the body as nutrients and safe for consumption. This highly prospective business" opportunities because at least a competitor who made “tahu garang pedas” and the price is very competitive and affordable for consumers. Authors realize this business product needs no improvement and continuous evaluation in terms of capital, human resources, inovation product, price, promotion strategy and other anlisis feasibility study.
 
 
Proposal Usaha Tahu Garang Pedas, Sinta Sari SMK Islam Parakansalak Proposal ini berjudul “Tahu Garang Pedas” ini di sampaikan dalam rangka mengikuti ujian kompetensi keahlian pemasaran SMK Islam Parakansalak. Dimana proposal usaha ini, dapat di proyeksikan untuk pasar jangkauan kecil khususnya untuk anak-anak sampai dewasa apabila ingin mendirikan usaha ini cukup dengin modal Rp. 1.000.000, terdiri dari bahan, alat dan promosi. Keuntungan yang di dapat berdasarkan perhitunan penyusun mencapai Rp. 579.000  (keuntungan bersih setelah di kurangi biaya oprasional lain-lain) adapun strategi promosi yang di lakukan melalui face to face konsinyasi, dan online.
Faktor kekuatan pada produk Tahu Garang Pedas banyak di minati oleh masyarakat metropolis karna rasanya yang renyah, enak dan  aman di konsumsi. Peluang usaha ini sangat prospektif karna sedikitnya pesaing yang membuat kue bawang kress dan harganya sangat bersaing serta terjangkau oleh konsumen. Penyusun menyadari produk usaha ini perlu ada peningkatan dan evaluasi secara terus menerus dalam hal modal, SDM, inovasi produk, harga, strategi promosi maupun anlisis studi kelayakan usaha lainnya.



KATAPENGANTAR

Bismilahirohmanirrohim, Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelsaikan proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Proposal yang saya buat berdasarkan jenis produknya yaitu (makanan) yang judulnya “Tahu Garang Pedas” diajukan sebagai syarat untuk bisa mengikuti ujian Nasional (UN) di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Parakansalak, tahun ajaran 2015/2016.
Saya membuat proposal ini tidak lepas dari pihak-pihak yang memberikan dorongan kepada saya sehingga proposal yang saya buat dapat diselesaikan sebaik-baiknya.
Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Kedua orang tua saya yang selalu memberikan do’a, arahan dan semangat
2.      Bapak Chandra Nugraha, ST. selaku kepala sekolah SMK Islam Parakansalak
3.      Bapak Ahmad Zaelani, S.Pd. selaku wali kelas XII Pemasaran
4.      Dewan guru dan staff SMK Islam Parakansalak
5.      Teman-teman yang telah ikut dalam pembuatan proposal ini
Saya menyadari dalam pembuatan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun bagi saya khususnya bagi pembaca. Mudah-mudahan proposal ini bermanfaat.

Parakansalak,  Januari 2016



SINTA SARI

DAFTAR ISI
Cover
Lembar Pengujian/Pengesahan.....................................i
Lembar Persetujuan Pembimbing ................................ii
Motto ........................................................................iii
Abstraksi ...................................................................iv
Kata Pengantar ..........................................................v
Daftar Isi ...................................................................vi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ..........................................................1
B.     Manfaat Penyusunan Proposal ...................................1
C.     Tujuan Penyusunan Proposal ......................................1
D.    Metode Penyusunan Proposal ......................................2
BAB II PERENCANAAN PROPOSAL USAHA
A.    Aspek Produksi ...........................................................4
B.     Aspek Pemasaran (Marketing Mix) ............................. 4
C.     Aspek Organisasi .........................................................5
D.    Analisis SLOC ..............................................................5
BAB III PERENCANAAN KEUANGAN
A.    Sumber Pembiayaan (Modal) ..........................................7
B.     Kebutuhan Pembiayaan (Modal) .....................................7
1.      Biaya Tetap ..................................................7
2.      Biaya Variabel ...............................................7
3.      Biaya Tak Terduga ....................................... 8
C.     Pengelolaan Keuangan ....................................................8
1.      Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) ..........8
2.      Laba yang Diinginkan ........................................ 8
3.      Harga Jual ..........................................................8
D.    Analisis Kelayakan Usaha ......................................................9
1.      Proyeksi Laba-rugi ............................................. 9
2.      Tingkat Pengembaliaan Usaha ...............................9
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan ............................................................................ 11
B.     Saran .....................................................................................11
Daftar Pustaka
Logo
Lampiran


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Di zaman era globalisasi ini Indonesia dikenal dengan Negara yang mempunyai rempah-rempah yang khas Nusantara. Dinegara yang serba modern ini masyarakat lebih mencari makanan yang siap saji dengan rasa yang cukup enak dan harga yang relatif murahbagi saku masyarakat dan kualitas yang tetap terjamin. Oleh karena itu untuk memenuhi keinginan masyarakat kita harus menciptakan usaha yang sifatnya membangun dan menginspirasi dan harus memiliki daya tarik yang tinggi agar dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Makanan tahu garang pedas merupakan suatu makanan yang diminati oleh masyarakat karena makanan ini sudah siap saji didalam kemasan plastik dan piring cantik dan memiliki rasa yang enak, gurih, lezat dan tidak ketinggalan pedas. Terutama harganya cukup murah.

B. TUJUAN PEMBUATAN PROPOSAL
Pembuatan proposal ini bertujuan untuk  :
 l. Sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN)
2. Membuka lapangan kerja
3. Memajukan perekonomian masyarakat

C. MANFAAT PEMBUATAN PROPOSAL
Proposal ini dibuat dengan manfaat sebagai berikut:


l. Melatih siswa-siswi untuk berwirausaha
2. Sebagai pengarahan kegiatan kewirausahaan
3. dapat untuk mendeteksi asumsi-asumsi secara cermat dan besarnya tingkat
    keberasilan wirausaha        

D. METODE PENYUSUNAN PROPOSAL
l. Wawancara
2. Survei
3. Studi pustaka
4. Penggunaan metode analisa keuangan
5. Internet

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang
B. Manfaat pembuatan proposal
C. Tujuan pembuatan proposal
D. Metode penyusunan proposal
E. Sistematika proposal
BAB II PERENCANAAN PROPOSAL
A. Aspek produksi
B. Aspek pemasran ( marketing mix )
C. Aspek organisasi
D. Analisis sloc
BAB III PERENCANAAN KEUANGAN
A Modal usaha
l. Biaya tetap
2. Biaya variabel
3. Biaya tak terduga
B. Pengelolaan keuangan
1. Penentuan harga pokok produksi
2. Laba yang di inginkan
3. Harga jual
C. Analisis kelayakan usatra
l. Analisis pendapatan
2. Analisis perencanaan laba rugi
3. Analisis perhitungan kelayakan usaha
BAB IV PENUTUP
A.  Kesimpulan
B.  Kritik dan Saran
Daftar Pustaka
Lampiran


BAB II
PERENCANAAN PROPOSAL
A.    ASPEK PRODUKSI
1.      Bahan dan Alat
Bahan
Alat
2 bungkus Tahu
¼  Kg Aci
¼ Kg Bawang Putih
¼ Kg Cabe Rawit
2 bungkus Merica Bubuk
Penyedap Rasa Ayam secukupnya
Petsin secukupnya
Kompor Gas
Wajan
Cetakan
Spatula
Serokan
Baskom
Piring
Talenan
Pisau
Plastik
2.      Proses kerja pembuatan
a.       Pertama-tama siapkan wajan dan spatula lalu masukan minyak goreng ke dalam wajan. Kemudian masukan bawang putih yang sudah dicincang, goreng dalam api yang kecil hingga berubah warna kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
b.      Setelah itu, potong kecil-kecil tahu, lumuri dengan aci dalam baskom sampai merata. Goreng tahu yang sudah dilumuri tadi dalam minyak dalam minyak cukup panas sampai warnanya kuning keemasan, angkat lalu titriskan.
c.       Panaskan cabe yang sudah dipotong kecil-kecil dalam wajan tanpa minyak goreng, masukan tahu kedalamnya, taburi merica, penyedap rasa dan petsin. Aduk hingga rata.
d.      Dinginkan tahu dalam piring dan taburi dengan bawang putih.
e.       Setelah dingin kemas kedalam palstik atau piring cantik dan siap dipasarkan ke masyarakat.
B. ASPEK PEMASARAN
a. Membuka tempat usaha di rumah
b. Promosi yang menarik dan berkesinambungan.
c. Menjual di beberapa tempat yang ramai, seperti tempat wisata, wilayah
    kampus, wilayah sekolah, dan supermarket.
d. Konsinyasi


e. Secara online
f. Face to Face

C. ASPEK ORGANISASI dan MANAJEMEN
Dikarenakan usaha yang saya jalani ini merupakan usaha skala kecil, jadi saya tidak memerlukan karyawan, usaha ini hanya saya dan di bantu oleh orangtua saya untuk mengelolanya.

D. ANALISIS SLOC
1. FAKTOR KEKUATAN (STRENGTH)
a. Menyediakan produk berkualitas
b. Memenuhi kebutuhan gizi
c. Harga terjangkau sesuai dengan merk masyarakat indonesia
d. Bahan baku mudah didapat
e. Rasa enak, gurih dan renyah

F. FAKTOR KETERBATASAN (LIMITTED)
a. Modal kecil
b. Kemasan kurang menarik
c. Promosi hanya melalui penyampaian distributor cakupan kecil
d. Tidak ada kerjasama dengan pihak lain
e; Produk tidak tahan lama
f. Produk mudah alot




3. FAKTOR PELUANG (OPPURTUNITY)
a. Didaerah sekitar belum ada usaha serupa
b. Adanya dukungan dari pemerintah terhadap usaha kecil, mikro & menengah
c. Kesempatan menguasai pasar
d. Biaya produksi murah

4. CHALENGE (TANTANGAN)
a. Pesaing skala besar
b. Harga bahan yang semakin mahal
c. Standarisasi mutu
d. Perubahan selera masyarakat
e. Rawan penipuan oleh distributor


BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
A. SUMBER PEMBIAYAAN (Modal)
Adapun sumber permodalan usaha yang saya jalani yaitu dari modal sendiri.
B. KEBUTUHAN  PEMBIAYAAN (Modal)
1. Biaya Tetap
NAMA PEARALATAN
HARGA
Kompor Gas
Wajan
Baskom
Spatula
Serokan
Piring
Talenan
Pisau
Cobek
Rp. 300.000
Rp.   30.000
Rp.   20.000
Rp.   20.000
Rp.   25.000
Rp.   15.000
Rp.   15.000
Rp.     5.000
Rp.  35.000
JUMLAH
Rp. 465.000

2.      BiayaVariabel
Ø  Perhari
Nama Barang
Harga
2 Bungkus Tahu
1/2  Kg Aci
5 bungkus penyedap rasa
1 Liter Minyak Goreng
¼ Kg Bawang Putih
¼  Kg Cabe Rawit
¼ Kg Cabe  Merah
2 bungkus Merica Bubuk
6 Bungkus Petsin
¼ Plastik
Jumlah
Rp.   6.000
Rp.   3.000
Rp.   5.000
Rp. 12.000
Rp.   5.000
Rp.   5.000
Rp. 10.000
Rp.   2.000
Rp.   5.000
Rp. 10.000
 Rp. 63.000
Ø  Perbulan
Perihal
Harga
Pembayaran Listrik
Gas LPG
Rp.  30.000
Rp.  21.000
Jumlah
Rp.  51.000



1.      Biaya Tak Terduga
Modal awal – Modal yang dipakai
1.000.000 – 579.000 = 421.000

C. Pengelolaan Keuangan
l. Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP)
a. harga pokok : biaya tetap + biaya variabel + biaya listrik
pembebanan biaya tetap terhadap HPP adalah : umur ekonomis BTT 5 tahun
BTT/Bulan = 5 x12 Bulan = 60 Bulan
BTT/Bulan = total biaya tetap di bagi 60 bulan
: Rp 465.000 : 60 = 7.750 (dibulatkan 7.800)
BTT/Hari = 7.800 : 30 = 260
BTT/bungkus = 260 : 100 = 2.6 (dibulatkan 3)
b. Pembebanan biaya variable terhadap HPP Rp 63.000/hari Jumlah yang di
hasilkan 100 Unit/Bungkus Tahu Garang Pedas:
Rp. 63.000 :100= 630
Pembebanan Listrik Dibagi 30
Rp 51.000 : 30 : 100 = 17.
Harga pokok produksi per unit adalah : Biaya tetap + biaya variable + biaya
Listrik
HPP/unit  = 3 + 630 + 17 = 650)
2. Laba yang diharapkan 20%  dari harga pokok
20% x 465 = 130
Harga jual = HPP + Laba yang diinginkan
=Rp. 650 + 130 = 780 (dibulatkan 1.000)

3. Harga Jual perbungkus adalah Rp. 1.000,-

D. ANALIS KELAYAKAN USAHA
l.  Proyeksi laba/rugi dalam masa produksi 30 hari
Total Penjualan : 100 Bungkus  x 30 hari x harga Rp. 1.000  Rp. 3.000.000
HPP : 100 Bungkus x 30 hari x Rp. 650                                 Rp. 1.950.000-
Laba dalam waktu 30 hari adalah                                           Rp. 1.050.000
2. Tingkat Pengembalian Usaha
Perhitungan untuk menentukan jumlah yang harus diproduksi, untuk menentukan
jumlah pengembalian usaha Break Event Point (BEP) :
BEP=FC =.............bungkus
P-V/tpls
=  Rp. 465.000
    Rp. 1.000 - Rp. 650=350

1328,57142857 (dibulatkan 1329)

BEP Penjualan dalam rupiah adalah sebagai berikut :
BEP =             FC       = Rp.......
l-VC
S

         = Rp.     465.000  
            l –Rp. 114.000
            Rp. 3.000.000


         = Rp. 465.000
  1-0,038
        = Rp. 465.000
           Rp.   0.962

        = 483367,983367 (dibulatkan 483368)
Maka tingkat pengembalian usaha atau titik impas atau peluang pokok adalah pada saat memproduksi “Tahu Garang Pedas” dengan jumlah 1329 bungkus dibagi 100 bungkus perhari adalah 13.29 hari atau dibulatkan menjadi 14 hari produksi.


BAB IV
PENUTUP
A.    Conclusion

Entrepreneurship is an activity that is needed to create or make an effort. Our odds in attempting a personal capacity , as we possess confidence , risk-taking , leadership , honest and diligent , and always strive to excel , and excel in marketing their products
 
 

A. Kesimpulan

Berwirausaha merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah usaha. Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita memiliki sifat percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, jujur dan tekun, dan selalu berusaha untuk berprestasi, dan unggul dalam memasarkan produknya.

B.     Suggestion

In order for the implementation of a business can run smoothly and well , then I recommend that :
1. Promoting confidence
2. Dare to take risks
3. Honest and tenacious
4. Learning berkemunikasi well
5. Not easily discouraged
6. Always prayerfully
7. Review of criticism of others
8. Friendly and smiling


B.     Saran
Agar pelaksanaan sebuah usaha dapat berjalan lancar dan baik, maka saya menyarankan agar :
1.      Mengedepankan percaya diri
2.      Berani mengambil resiko
3.      Jujur dan ulet
4.      Belajar berkemunikasi dengan baik
5.      Tidak mudah putus asa
6.      Selalu disertai dengan doa
7.      Melakukan evaluasi dari kritik orang lain
8.      Ramah dan murah senyum





DAFTAR PUSTAKA

Susilawati, Deuis. 2015. Proposal usaha Kripik Kentang. SMK Islam Parakansalak
Sukabumi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Stats

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Sidebar One