1. Jilid
a. Judul
b. Logo
Sekolah
c. Nama
Siswa
d. Nomor
Induk Siswa
e. Kelas
f. Nomor
Ujian Nasional Siswa
g. Nama
Sekolah, Status Akreditas Sekolah, Alamat Sekolah
2. Lembar
Pengesahan
a. Judul
Proposal
b. Nama
Siswa
c. Nomor
Induk Siswa
d. Kelas
dan Komptensi Keahlian
e. Nama
Sekolah Asal
f. Kolom
tanda tangan penguji, Kepala Program Keahlian dan Kepala Sekolah
3. Lembar
Usulan Usaha
a. Judul
Proposal
b. Nama
Siswa
c. Nomor
Induk Siswa
d. Kelas
dan Komptensi Keahlian
e. Nama
Sekolah Asal
f. Kolom
tanda tangan Pembimbing dan Ketua Panitia Uji Kompetensi
4. Motto
Moto merupakan visi misi siswa yang
dituangkan sebagi suatu motivasi agar ujian kompetensinya sesuai harapan.
5. Abtraksi
Ringkasan gambaran dari objek dalam
proposal tersebut
6. Kata
Pengantar
Berisi ucapan-ucapan dari si
penulis atas selesainya penulisan proposal tersebut baik tentang ucapan rasa
syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan
saran yang membangun
7. Daftar
Isi
Berisi lembar halaman yg menjadi petunjuk
pokok isi buku beserta nomor halaman
8. Bab
I Pendahuluan
a. Latar
belakang
b. Manfaat
pembuatan proposal
c. Tujuan
pembuatan proposal
d. Metode
penyusunan proposal
9. Bab
II Perencanaan Proposal
a. Aspek
produksi
b. Aspek
pemasran ( marketing mix )
c. Aspek
organisasi
d. Analisis
sloc
10 Bab
III Perencanaan Keungan
a. Modal
usaha
l.
Biaya tetap
2.
Biaya variabel
3.
Biaya tak terduga
b. Pengelolaan
keuangan
1.
Penentuan harga pokok produksi
2.
Laba yang di inginkan
3.
Harga jual
c. Analisis
kelayakan usatra
l.
Analisis pendapatan
2.
Analisis perencanaan laba rugi
3.
Analisis perhitungan kelayakan usaha
10. Bab
IV Penutup
a. Kesimpulan
b. Kritik
dan Saran
11. Daftar
Pustaka
Berisi tulisan
yang tersusun di akhir sebuah Proposal
yang berisi nama penulis,
judul tulisan, penerbit,
identitas
penerbit dan tahun
terbit sebagai sumber atau rujukan
CONTOH PROPOSAL
PROPOSAL
USAHA
“TAHU
GARANG PEDAS”
Disampaikan
dalam rangka memenuhi persyaratan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian pemasaran
SMK Islam Parakansalak Kabupaten Sukabumi
Tahun 2015/2016
Tahun 2015/2016
Disusun Oleh : SINTA SARI
NIS :
Kelas : XII PEMASARAN
No. Peserta UN :
YAYASAN AL-QORUBA
SMK ISLAM PARAKANSALAK
(Islamic Vocational School of Parakansalak)
TERAKREDITASI
“B”
BIDANG KEAHLIAN BISNIS MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
NSS : 402020623063 NIS : 400630 NPSN : 20258121
BIDANG KEAHLIAN BISNIS MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
NSS : 402020623063 NIS : 400630 NPSN : 20258121
Jalan
Perintis Kemerdekaan Lebak Picung Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak
Kabupaten Sukabumi 43355
Website : www.smkislamparakansalak.sch.id Emai : smkislamprsalak@yahoo.co.id info@smkislamparakansalak.sch.id
Website : www.smkislamparakansalak.sch.id Emai : smkislamprsalak@yahoo.co.id info@smkislamparakansalak.sch.id
2016
LEMBAR
PENGUJIAN/PENGESAHAN
JUDUL
PROPOSAL :
USAHA “TAHU GARANG PEDAS”
NAMA
SISWA :
SINTA SARI
NIS
:
KELAS/KOMPETENSI
KEAHLIAN : XII PEMASARAN
SEKOLAH
:
SMK ISLAM PARAKANSALAK
TELAH MENGIKUTI
UJI PROPOSAL USAHA KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI LABORATURIUM PEMASARAN S SMK
ISLAM PARAKANSALAK DAN DISETUJUI/DISAHKAN PADA TANGGAL …………..
Mengetahui
Mengetahui
Penguji
I Penguji II
( ………………… ) ( ………………….. )
Mengetahui Mengetahui
Kepala SMK Islam Parakansalak Kepala program keahlian Pemasaran
CHANDRA
NUGRAHA, ST. ABDURRAHMAN,
SE.
LEMBAR
USULAN USAHA
(PERSETUJUAN
PEMBIMBING)
JUDUL
PROPOSAL : USAHA “TAHU GARANG PEDAS”
NAMA
SISWA : SINTA SARI
NIS
:
KELAS/KOMPETENSI
KEAHLIAN : XII PEMASARAN
SEKOLAH
: SMK ISLAM PARAKANSALAK
BERHAK MENGIKUTI
UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DAN TELAH DISETUJUI OLEH PEMBIMBING PADA
TANGGAL …………………… DI SMK ISLAM PARAKANSALAK KABUPATEN SUKABUMI
Mengetahui Mengetahui
Panitia UN/Ujikom 2016 Pembimbing
JAJANG
SAEPURROHMAN, S.Pd.I. AHMAD
JAELANI, S.Pd.
MOTTO
:
KESUKSESAN
DAPAT DICAPAI MELALUI KERINGAT DAN AIR MATA
ABSTRAKSI
Proposal
for “tahu garang pedas”, Sinta Sari, SMK
Islam Parakansalak. This proposal titled tahu garang pedas is corweyed in order
to take the exam Islamic vocational competence Parakansalak markcting expertise.
Where this business proposal, can be projected to reach a small market,
especially for children to aduls, if you want to set up venture capital is sufficient
to 1.000.000 composed of materials and promotional tools. The advantages can be
bosed on the intentional constituent reached Rp. 579.000 net profit (after in
reducing operalional costs etc.) as for the promotion strategy that is done
through face to face consignment, and online.
Factor strength in products of “tahu garang pedas” in the interest of the community because the metropolis unique taste and properties that are good for the body as nutrients and safe for consumption. This highly prospective business" opportunities because at least a competitor who made “tahu garang pedas” and the price is very competitive and affordable for consumers. Authors realize this business product needs no improvement and continuous evaluation in terms of capital, human resources, inovation product, price, promotion strategy and other anlisis feasibility study.
Proposal
Usaha Tahu Garang Pedas, Sinta Sari SMK Islam Parakansalak Proposal ini
berjudul “Tahu Garang Pedas” ini di sampaikan dalam rangka mengikuti ujian
kompetensi keahlian pemasaran SMK Islam Parakansalak. Dimana proposal usaha
ini, dapat di proyeksikan untuk pasar jangkauan kecil khususnya untuk anak-anak
sampai dewasa apabila ingin mendirikan usaha ini cukup dengin modal Rp. 1.000.000,
terdiri dari bahan, alat dan promosi. Keuntungan yang di dapat berdasarkan perhitunan
penyusun mencapai Rp. 579.000 (keuntungan
bersih setelah di kurangi biaya oprasional lain-lain) adapun strategi promosi
yang di lakukan melalui face to face konsinyasi, dan online.
Faktor
kekuatan pada produk Tahu Garang Pedas banyak di minati oleh masyarakat
metropolis karna rasanya yang renyah, enak dan aman di konsumsi. Peluang usaha ini sangat prospektif
karna sedikitnya pesaing yang membuat kue bawang kress dan harganya sangat
bersaing serta terjangkau oleh konsumen. Penyusun menyadari produk usaha ini
perlu ada peningkatan dan evaluasi secara terus menerus dalam hal modal, SDM,
inovasi produk, harga, strategi promosi maupun anlisis studi kelayakan usaha
lainnya.
KATAPENGANTAR
Bismilahirohmanirrohim,
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji
syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nya
saya dapat menyelsaikan proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Proposal yang saya buat berdasarkan jenis produknya yaitu (makanan) yang
judulnya “Tahu Garang Pedas” diajukan sebagai syarat untuk bisa mengikuti ujian
Nasional (UN) di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Parakansalak, tahun ajaran
2015/2016.
Saya
membuat proposal ini tidak lepas dari pihak-pihak yang memberikan dorongan
kepada saya sehingga proposal yang saya buat dapat diselesaikan sebaik-baiknya.
Saya
ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1. Kedua
orang tua saya yang selalu memberikan do’a, arahan dan semangat
2. Bapak
Chandra Nugraha, ST. selaku kepala sekolah SMK Islam Parakansalak
3. Bapak
Ahmad Zaelani, S.Pd. selaku wali kelas XII Pemasaran
4. Dewan
guru dan staff SMK Islam Parakansalak
5. Teman-teman
yang telah ikut dalam pembuatan proposal ini
Saya
menyadari dalam pembuatan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena
itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun bagi saya
khususnya bagi pembaca. Mudah-mudahan proposal ini bermanfaat.
Parakansalak,
Januari 2016
SINTA
SARI
DAFTAR
ISI
Cover
Lembar
Pengujian/Pengesahan.....................................i
Lembar Persetujuan
Pembimbing ................................ii
Motto ........................................................................iii
Abstraksi ...................................................................iv
Kata Pengantar ..........................................................v
Daftar Isi ...................................................................vi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ..........................................................1
B. Manfaat
Penyusunan Proposal ...................................1
C. Tujuan
Penyusunan Proposal ......................................1
D. Metode
Penyusunan Proposal ......................................2
BAB II PERENCANAAN
PROPOSAL USAHA
A. Aspek
Produksi ...........................................................4
B. Aspek
Pemasaran (Marketing Mix) ............................. 4
C. Aspek
Organisasi .........................................................5
D. Analisis
SLOC ..............................................................5
BAB III PERENCANAAN
KEUANGAN
A. Sumber
Pembiayaan (Modal) ..........................................7
B. Kebutuhan
Pembiayaan (Modal) .....................................7
1.
Biaya Tetap ..................................................7
2.
Biaya Variabel ...............................................7
3.
Biaya Tak Terduga ....................................... 8
C. Pengelolaan
Keuangan ....................................................8
1.
Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) ..........8
2.
Laba yang Diinginkan ........................................ 8
3.
Harga Jual ..........................................................8
D. Analisis
Kelayakan Usaha ......................................................9
1.
Proyeksi Laba-rugi ............................................. 9
2.
Tingkat Pengembaliaan Usaha ...............................9
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
............................................................................ 11
B. Saran
.....................................................................................11
Daftar Pustaka
Logo
Lampiran
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Di zaman era
globalisasi ini Indonesia dikenal dengan Negara yang mempunyai rempah-rempah
yang khas Nusantara. Dinegara yang serba modern ini masyarakat lebih mencari
makanan yang siap saji dengan rasa yang cukup enak dan harga yang relatif
murahbagi saku masyarakat dan kualitas yang tetap terjamin. Oleh karena itu
untuk memenuhi keinginan masyarakat kita harus menciptakan usaha yang sifatnya
membangun dan menginspirasi dan harus memiliki daya tarik yang tinggi agar
dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Makanan tahu
garang pedas merupakan suatu makanan yang diminati oleh masyarakat karena
makanan ini sudah siap saji didalam kemasan plastik dan piring cantik dan
memiliki rasa yang enak, gurih, lezat dan tidak ketinggalan pedas. Terutama
harganya cukup murah.
B. TUJUAN
PEMBUATAN PROPOSAL
Pembuatan
proposal ini bertujuan untuk :
l. Sebagai syarat untuk mengikuti Ujian
Nasional (UN)
2. Membuka lapangan
kerja
3. Memajukan
perekonomian masyarakat
C. MANFAAT
PEMBUATAN PROPOSAL
Proposal ini
dibuat dengan manfaat sebagai berikut:
l. Melatih
siswa-siswi untuk berwirausaha
2. Sebagai
pengarahan kegiatan kewirausahaan
3. dapat untuk
mendeteksi asumsi-asumsi secara cermat dan besarnya tingkat
keberasilan wirausaha
keberasilan wirausaha
D. METODE PENYUSUNAN
PROPOSAL
l. Wawancara
2. Survei
3. Studi pustaka
4. Penggunaan
metode analisa keuangan
5. Internet
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
B. Manfaat
pembuatan proposal
C. Tujuan
pembuatan proposal
D. Metode
penyusunan proposal
E. Sistematika
proposal
BAB II PERENCANAAN
PROPOSAL
A. Aspek
produksi
B. Aspek pemasran
( marketing mix )
C. Aspek
organisasi
D. Analisis sloc
BAB III PERENCANAAN
KEUANGAN
A Modal usaha
l. Biaya tetap
2. Biaya
variabel
3. Biaya tak terduga
B. Pengelolaan
keuangan
1. Penentuan
harga pokok produksi
2. Laba yang di
inginkan
3. Harga jual
C. Analisis
kelayakan usatra
l. Analisis
pendapatan
2. Analisis
perencanaan laba rugi
3. Analisis
perhitungan kelayakan usaha
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Kritik dan Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
BAB
II
PERENCANAAN
PROPOSAL
A.
ASPEK PRODUKSI
1.
Bahan dan Alat
Bahan
|
Alat
|
2 bungkus Tahu
¼ Kg Aci
¼ Kg Bawang Putih
¼ Kg Cabe Rawit
2 bungkus Merica Bubuk
Penyedap Rasa Ayam secukupnya
Petsin secukupnya
|
Kompor Gas
Wajan
Cetakan
Spatula
Serokan
Baskom
Piring
Talenan
Pisau
Plastik
|
2. Proses
kerja pembuatan
a.
Pertama-tama siapkan wajan dan
spatula lalu masukan minyak goreng ke dalam wajan. Kemudian masukan bawang
putih yang sudah dicincang, goreng dalam api yang kecil hingga berubah warna
kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
b.
Setelah itu, potong kecil-kecil
tahu, lumuri dengan aci dalam baskom sampai merata. Goreng tahu yang sudah
dilumuri tadi dalam minyak dalam minyak cukup panas sampai warnanya kuning
keemasan, angkat lalu titriskan.
c.
Panaskan cabe yang sudah dipotong
kecil-kecil dalam wajan tanpa minyak goreng, masukan tahu kedalamnya, taburi
merica, penyedap rasa dan petsin. Aduk hingga rata.
d. Dinginkan tahu dalam piring dan
taburi dengan bawang putih.
e. Setelah dingin kemas kedalam palstik
atau piring cantik dan siap dipasarkan ke masyarakat.
B. ASPEK
PEMASARAN
a. Membuka
tempat usaha di rumah
b. Promosi yang
menarik dan berkesinambungan.
c. Menjual di
beberapa tempat yang ramai, seperti tempat wisata, wilayah
kampus, wilayah sekolah, dan supermarket.
d. Konsinyasi
e. Secara online
f. Face to Face
C. ASPEK ORGANISASI
dan MANAJEMEN
Dikarenakan
usaha yang saya jalani ini merupakan usaha skala kecil, jadi saya tidak
memerlukan karyawan, usaha ini hanya saya dan di bantu oleh orangtua saya untuk
mengelolanya.
D. ANALISIS SLOC
1. FAKTOR
KEKUATAN (STRENGTH)
a. Menyediakan
produk berkualitas
b. Memenuhi
kebutuhan gizi
c. Harga
terjangkau sesuai dengan merk masyarakat indonesia
d. Bahan baku
mudah didapat
e. Rasa enak,
gurih dan renyah
F. FAKTOR
KETERBATASAN (LIMITTED)
a. Modal kecil
b. Kemasan
kurang menarik
c. Promosi hanya
melalui penyampaian distributor cakupan kecil
d. Tidak ada
kerjasama dengan pihak lain
e; Produk tidak
tahan lama
f. Produk mudah alot
3. FAKTOR
PELUANG (OPPURTUNITY)
a. Didaerah
sekitar belum ada usaha serupa
b. Adanya dukungan
dari pemerintah terhadap usaha kecil, mikro & menengah
c. Kesempatan
menguasai pasar
d. Biaya
produksi murah
4. CHALENGE
(TANTANGAN)
a. Pesaing skala
besar
b. Harga bahan
yang semakin mahal
c. Standarisasi
mutu
d. Perubahan
selera masyarakat
e. Rawan
penipuan oleh distributor
BAB
III
PERENCANAAN
KEUANGAN
A. SUMBER
PEMBIAYAAN (Modal)
Adapun sumber
permodalan usaha yang saya jalani yaitu dari modal sendiri.
B. KEBUTUHAN PEMBIAYAAN (Modal)
1.
Biaya Tetap
NAMA PEARALATAN
|
HARGA
|
Kompor Gas
Wajan
Baskom
Spatula
Serokan
Piring
Talenan
Pisau
Cobek
|
Rp. 300.000
Rp. 30.000
Rp. 20.000
Rp. 20.000
Rp. 25.000
Rp. 15.000
Rp. 15.000
Rp. 5.000
Rp. 35.000
|
JUMLAH
|
Rp. 465.000
|
2. BiayaVariabel
Ø Perhari
Nama Barang
|
Harga
|
2 Bungkus Tahu
1/2 Kg Aci
5 bungkus penyedap rasa
1 Liter Minyak Goreng
¼ Kg Bawang Putih
¼ Kg Cabe Rawit
¼ Kg Cabe
Merah
2 bungkus Merica Bubuk
6 Bungkus Petsin
¼ Plastik
Jumlah
|
Rp. 6.000
Rp. 3.000
Rp. 5.000
Rp. 12.000
Rp. 5.000
Rp. 5.000
Rp. 10.000
Rp. 2.000
Rp. 5.000
Rp. 10.000
Rp. 63.000
|
Ø Perbulan
Perihal
|
Harga
|
Pembayaran Listrik
Gas LPG
|
Rp. 30.000
Rp. 21.000
|
Jumlah
|
Rp. 51.000
|
1.
Biaya Tak Terduga
Modal awal –
Modal yang dipakai
1.000.000 – 579.000
= 421.000
C. Pengelolaan
Keuangan
l. Penentuan Harga
Pokok Produksi (HPP)
a. harga pokok :
biaya tetap + biaya variabel + biaya listrik
pembebanan biaya
tetap terhadap HPP adalah : umur ekonomis BTT 5 tahun
BTT/Bulan = 5 x12
Bulan = 60 Bulan
BTT/Bulan =
total biaya tetap di bagi 60 bulan
: Rp 465.000 :
60 = 7.750 (dibulatkan 7.800)
BTT/Hari = 7.800
: 30 = 260
BTT/bungkus = 260
: 100 = 2.6 (dibulatkan 3)
b. Pembebanan
biaya variable terhadap HPP Rp 63.000/hari Jumlah yang di
hasilkan 100
Unit/Bungkus Tahu Garang Pedas:
Rp. 63.000 :100=
630
Pembebanan
Listrik Dibagi 30
Rp 51.000 : 30 :
100 = 17.
Harga pokok
produksi per unit adalah : Biaya tetap + biaya variable + biaya
Listrik
HPP/unit = 3 + 630 + 17 = 650)
2. Laba yang
diharapkan 20% dari harga pokok
20% x 465 = 130
Harga jual = HPP
+ Laba yang diinginkan
=Rp. 650 + 130 =
780 (dibulatkan 1.000)
3. Harga Jual perbungkus adalah Rp. 1.000,-
D. ANALIS
KELAYAKAN USAHA
l. Proyeksi laba/rugi dalam masa produksi 30
hari
Total Penjualan
: 100 Bungkus x 30 hari x harga Rp.
1.000 Rp. 3.000.000
HPP : 100
Bungkus x 30 hari x Rp. 650
Rp. 1.950.000-
Laba dalam waktu
30 hari adalah Rp.
1.050.000
2. Tingkat
Pengembalian Usaha
Perhitungan
untuk menentukan jumlah yang harus diproduksi, untuk menentukan
jumlah pengembalian
usaha Break Event Point (BEP) :
BEP=FC
=.............bungkus
P-V/tpls
= Rp. 465.000
Rp. 1.000
- Rp. 650=350
1328,57142857
(dibulatkan 1329)
BEP Penjualan
dalam rupiah adalah sebagai berikut :
BEP = FC
=
Rp.......
l-VC
S
= Rp.
465.000
l
–Rp. 114.000
Rp.
3.000.000
= Rp.
465.000
1-0,038
= Rp.
465.000
Rp. 0.962
= 483367,983367
(dibulatkan 483368)
Maka tingkat pengembalian usaha
atau titik impas atau peluang pokok adalah pada saat memproduksi “Tahu Garang
Pedas” dengan jumlah 1329 bungkus dibagi 100 bungkus perhari adalah 13.29 hari
atau dibulatkan menjadi 14 hari produksi.
BAB
IV
PENUTUP
A. Conclusion
Entrepreneurship is an activity that is needed to create or make an effort. Our odds in attempting a personal capacity , as we possess confidence , risk-taking , leadership , honest and diligent , and always strive to excel , and excel in marketing their products
A. Kesimpulan
Berwirausaha
merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah
usaha. Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita
memiliki sifat percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, jujur dan
tekun, dan selalu berusaha untuk berprestasi, dan unggul dalam memasarkan
produknya.
B. Suggestion
In order for the implementation of a business can run smoothly and well , then I recommend that :
1. Promoting confidence
2. Dare to take risks
3. Honest and tenacious
4. Learning berkemunikasi well
5. Not easily discouraged
6. Always prayerfully
7. Review of criticism of others
8. Friendly and smiling
B. Saran
Agar
pelaksanaan sebuah usaha dapat berjalan lancar dan baik, maka saya menyarankan
agar :
1. Mengedepankan
percaya diri
2. Berani
mengambil resiko
3. Jujur
dan ulet
4. Belajar
berkemunikasi dengan baik
5. Tidak
mudah putus asa
6. Selalu
disertai dengan doa
7. Melakukan
evaluasi dari kritik orang lain
8. Ramah
dan murah senyum
DAFTAR
PUSTAKA
Susilawati, Deuis. 2015. Proposal usaha Kripik Kentang. SMK Islam
Parakansalak
Sukabumi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar