Peta Lokasi DEDE's

Sabtu, 17 Januari 2015

Contoh Artikel Mata kuliah Pengembangan Bermain sebagai sumber belajar :



Pentingnya Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Proses Pembelajaran

1.      Pengertian Alat Permainan Edukatif
Alat permainan edukatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran anak usia dini. Ketersediaan alat tersebut sangat menunjang terselenggranya pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal.
Mayke Sugianto, T. 1995 mengemukakan bahwa alat permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Pengertian APE tersebut menunjukan bahwa pada pengembangan dan pemanfaatannya. Karena tidak semua alat permainan yang digunakan anak usia dini itu dirancang secara khusus untuk mengembangkan aspek-aspek pengembangan anak.

Tidak terlalu jauh berbeda dengan pengertian atau definisi alat permainan edukatif diatas, Direktorat PADU Depdiknas (2003) mendefinisikan alat permainan edukatif sebagai “ Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai edukatif (pendidikan) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak”.
Perbedaan alat permaianan biasa dengan alat permainan edukatif adalah bahwa pada alat permainan edukatif terdapat unsure perencanaan pembuatan secara mendalam dengan mempertimnbangkan karakteristik anak mengaitkannya pada pengembangan berbagai aspek perkembangan anak. Sedangkan alat permainan biasa dibuat dengan tujuan yang berbeda. Mungkin saja hanya dalam rangka memenuhi kepentingan bisnis semata. Tanpa adanya kajian secara mendalam tentang aspek-aspek perkembangan anak apa saja yang dapat dikembangkan melelui alat permainan tersebut.

2.      Ciri-ciri Alat Permainan Edukkatif.
1.      Dapat digunakan dalam berbagai cara,
Maksudnya dapat dimainkan dengan bermacam-macam tujuan, manfaat dan menjadi bermacam-macam bentuk.
2.      Ditujukan terutama untuk anak-anak usia prasekolah dan berfungsi mengembangkan berbagai aspek perkembanagan kecerdasan dan motorik anak.
3.      Segi keamanan sangat diperhatikan baik dari bentuk maupun penggunaan cat pada alat permainan
4.      Membuat anak terlibat secara aktif
5.      Sifatnya konstruktif
Setiap permainan edukatif dapat difungsikan multiguna sekalipun. Masing-masing memiliki kekhususan dalam artian  mengembangkan aspek perkembangana tertentu pada anak tidak jarang dapat meningkatkan lebih dari satu aspek.

3.      Tujuan Alat permainan edukatif
Adanya berbagai alat permainan edukatif pada intinya diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut :
1.      Memperjelas materi yang diberikan. Pemanfaatan alat permainan edukatif dalam kegiatan belajar anak diharapkan dapat memperjelas materi yang disampaikan oleh guru.
2.      Memberikan motivasi dan merangsang anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen dalam pengembangan berbagai aspek.
3.      Memberikan kesenengan pada anak dalam bermain.

4.      Fungsi Alat Permainan Edukatif
Alat-alat permainan edukatif yang dikembangkan memiliki berbagai fungsi dalam mendukung penyelenggaraan proses belajar mengajar anak sehingga kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan bermakna serta menyenangkan bagi anak.
Fungsi-fungsi tersebut adalah :
1.      Menciptakan situasi bermain (belajar) yang menyenangkan bagi anak dalam proses pemberian perangsangan, indicator kemampuan anak, walaupun sebagaimana yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa kegiatan bermain itu ada yang menggunakan alat dan ada juga yang tidak.
Dengan penggunaan alat-alat permainan tersebut anak-anak sangat menikmati kegiatan belajar karena banyak hal yang mereka peroleh melalui kegiatan belajar tersebut.
2.      Menumbuhkan rasa percaya diri dan membentuk citra diri anak yang positif.
Dalam suasana yang menyenangkan anak akan mencoba melakukan berbagai kegiatan yang mereka sukai dengan cara menggali dan menemukan sesuai yang ingin mereka ketahui.
3.      Memberikan stimulus dalam pembentukan prilaku melalui pembiasaan dan pengembangan pada anak usia dini. Alat permainan edukatif dirancang dan dikembangkan untuk memfasilitasi kedua aspek perkembangan tersebut.
4.      Memberikan kesempatan anak bersosialisasi berkomunikasi dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar.
5.      Mengajar jadi lebih mudah dan cepat diterima anak.
6.      Melatih konsentrasi anak.
7.      Mampu mengatasi keterbatasan waktu dan tempat.
8.      Menambah daya ingat 

5. Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif (APE) merupakan seperangkat instrumen, baik metode atau cara maupun perkakas yang digunakan seseorang dalam rangka mendidik anak dengan menekankan konsep bermain sambil belajar. dari sudut pandang orang tua atau pendidik alat permainan edukatif memiliki arti yang sangat penting karena dapat membantu dan memudahkan mereka dalam mendampingi proses pembelajaran pada anak usia dini. Sedangkan dari sudut pandang anak dapat mengatasi keterbatasan bahasa anak, dapat mendorong anak bersosiliasai, dapat menambah daya ingat dan pemahaman anak mengenai sesuatu.  
     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Stats

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Sidebar One