Contoh Artikel Mata kuliah Pengembangan Bermain sebagai sumber belajar :
Pentingnya
Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Proses Pembelajaran
1. Pengertian
Alat Permainan Edukatif
Alat
permainan edukatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran
anak usia dini. Ketersediaan alat tersebut sangat menunjang terselenggranya
pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat
mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal.
Mayke Sugianto, T. 1995
mengemukakan bahwa alat permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja
dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Pengertian APE tersebut
menunjukan bahwa pada pengembangan dan pemanfaatannya. Karena tidak semua alat
permainan yang digunakan anak usia dini itu dirancang secara khusus untuk
mengembangkan aspek-aspek pengembangan anak.
Tidak terlalu jauh
berbeda dengan pengertian atau definisi alat permainan edukatif
diatas, Direktorat PADU Depdiknas (2003) mendefinisikan alat permainan edukatif
sebagai “ Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan
untuk bermain yang mengandung nilai edukatif (pendidikan) dan dapat
mengembangkan seluruh kemampuan anak”.
Perbedaan alat
permaianan biasa dengan alat permainan edukatif adalah bahwa pada alat
permainan edukatif terdapat unsure perencanaan pembuatan secara mendalam dengan
mempertimnbangkan karakteristik anak mengaitkannya pada pengembangan berbagai
aspek perkembangan anak. Sedangkan alat permainan biasa dibuat dengan tujuan
yang berbeda. Mungkin saja hanya dalam rangka memenuhi kepentingan bisnis
semata. Tanpa adanya kajian secara mendalam tentang aspek-aspek perkembangan
anak apa saja yang dapat dikembangkan melelui alat permainan tersebut.
2. Ciri-ciri
Alat Permainan Edukkatif.
1. Dapat
digunakan dalam berbagai cara,
Maksudnya dapat
dimainkan dengan bermacam-macam tujuan, manfaat dan menjadi bermacam-macam
bentuk.
2. Ditujukan
terutama untuk anak-anak usia prasekolah dan berfungsi mengembangkan berbagai aspek
perkembanagan kecerdasan dan motorik anak.
3. Segi
keamanan sangat diperhatikan baik dari bentuk maupun penggunaan cat pada alat
permainan
4. Membuat
anak terlibat secara aktif
5. Sifatnya
konstruktif
Setiap permainan
edukatif dapat difungsikan multiguna sekalipun. Masing-masing memiliki
kekhususan dalam artian mengembangkan
aspek perkembangana tertentu pada anak tidak jarang dapat meningkatkan lebih
dari satu aspek.
3. Tujuan
Alat permainan edukatif
Adanya berbagai alat
permainan edukatif pada intinya diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai
berikut :
1. Memperjelas
materi yang diberikan. Pemanfaatan alat permainan edukatif dalam kegiatan
belajar anak diharapkan dapat memperjelas materi yang disampaikan oleh guru.
2. Memberikan
motivasi dan merangsang anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen dalam
pengembangan berbagai aspek.
3. Memberikan
kesenengan pada anak dalam bermain.
4. Fungsi
Alat Permainan Edukatif
Alat-alat permainan
edukatif yang dikembangkan memiliki berbagai fungsi dalam mendukung
penyelenggaraan proses belajar mengajar anak sehingga kegiatan dapat
berlangsung dengan baik dan bermakna serta menyenangkan bagi anak.
Fungsi-fungsi tersebut adalah :
1. Menciptakan
situasi bermain (belajar) yang menyenangkan bagi anak dalam proses pemberian
perangsangan, indicator kemampuan anak, walaupun sebagaimana yang telah dikemukakan
sebelumnya bahwa kegiatan bermain itu ada yang menggunakan alat dan ada juga
yang tidak.
Dengan penggunaan alat-alat
permainan tersebut anak-anak sangat menikmati kegiatan belajar karena banyak
hal yang mereka peroleh melalui kegiatan belajar tersebut.
2. Menumbuhkan
rasa percaya diri dan membentuk citra diri anak yang positif.
Dalam suasana yang
menyenangkan anak akan mencoba melakukan berbagai kegiatan yang mereka sukai
dengan cara menggali dan menemukan sesuai yang ingin mereka ketahui.
3. Memberikan
stimulus dalam pembentukan prilaku melalui pembiasaan dan pengembangan pada
anak usia dini. Alat permainan edukatif dirancang dan dikembangkan untuk
memfasilitasi kedua aspek perkembangan tersebut.
4. Memberikan
kesempatan anak bersosialisasi berkomunikasi dengan teman sebaya dan lingkungan
sekitar.
5. Mengajar
jadi lebih mudah dan cepat diterima anak.
6. Melatih
konsentrasi anak.
7. Mampu
mengatasi keterbatasan waktu dan tempat.
8. Menambah
daya ingat
5. Kesimpulan
Dari penjelasan diatas
dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif (APE) merupakan seperangkat
instrumen, baik metode atau cara maupun perkakas yang digunakan seseorang dalam
rangka mendidik anak dengan menekankan konsep bermain sambil belajar. dari
sudut pandang orang tua atau pendidik alat permainan edukatif memiliki arti
yang sangat penting karena dapat membantu dan memudahkan mereka dalam
mendampingi proses pembelajaran pada anak usia dini. Sedangkan dari sudut
pandang anak dapat mengatasi keterbatasan bahasa anak, dapat mendorong anak
bersosiliasai, dapat menambah daya ingat dan pemahaman anak mengenai sesuatu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar